Situs Web Kepustakaan

Tokoh Perfilman Indonesia

Hasil Kerjasama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Sinematek Indonesia

Sophan Sophiaan

Film

Rubrik ini telah dikunjungi
867 kali

 

 

BERANDA BIOGRAFI KOLEKSI FILM FOTO ARTIKEL KOMENTAR PENGHARGAAN

Detail Cantuman

Film

↖ kembali

Sumber Katalogisasi :

JKPNPNA

Sutradara :

Bobby Sandy

Produser :

PT Kanta Indah Film, Asosiasi Importir Film Eropa-Amerika (Handi Muljono)

Judul :

Amalia SH

Keterangan Publikasi :

1981

Deskripsi Fisik :

Film Warna; 118 menit

Catatan - Umum :

• Dalam surat izin produksi berjudul "Angin Malam, Bisikkanlah Cintaku Padanya." • Unggulan, FFI 1983, untuk Pemeran Utama Wanita (Widyawati).

Abstrak / Ringkasan :

Amalia SH (Widyawati), pengacara dari Lembaga Bantuan Hukum, mengunjungi sahabatnya, Frans (Sophan Sophiaan), yang ditahan karena pemerasan. Frans tak mau dibela. Amalia penasaran. Dari penyelidikannya ditemui buku harian Frans di rumah orangtuanya. Maka lebih dari separuh film adalah visualisasi dari buku harian itu. Frans, bandel sejak kecil, diusir ayahnya karena mencuri. Ia lalu hidup menggelandang, sampai ditampung untuk jadi penagih hutang dalam sebuah perusahaan. Dalam pekerjaan inilah ia lalu mengenal dan bersahabat dengan Bambang (Asrul Zulmi) dan Amalia, yang diam-diam dicintainya, tapi tak berani mengutarakannya mengingat keadaan dirinya. Ia mulai mengetahui keruwetan rumah tangga Amalia. Ayahnya, Iskandar (WD Mochtar), bercerai dengan istrinya, karena terpikat Shirley (Anna Tairas), pelacur yang belakangan ketahuan membiayai dan membuahkan anak dari Yulius (Robby Sugara). Yulius inilah yang berhasil mengawini Amalia dengan maksud menguras harta ayahnya. Dalam perkara orangtua Amalia tadi, Frans berhasil mendapatkan bukti foto Iskandar berduaan dengan Shirley, karena adik Shirley adalah pacar Bambang. Yulius lalu memakai kelemahan Frans (cintanya pada Amalia) untuk memeras, dan karena Frans menolak meneruskan pekerjaan itu, Yulius berusaha membunuhnya. Yang terkena tembakan, orang yang akan diperas. Kejadian ini yang membuat Frans ditangkap. Berbekal informasi ini, Amalia lalu menuntut Yulius. Hakim memutuskan Frans dan Yulius masuk penjara. Film diakhiri dengan tulisan bahwa Frans dan Amalia pada akhirnya kembali bersatu.

Subjek / Kata Kunci :

Drama

Pemeran Utama :

Widyawati, Sophan Sophiaan.

Pemeran Pembantu :

Robby Sugara, Anna Tairas, Asrul Zulmi, Harry Capri, WD Mochtar, Sofia WD, Chitra Dewi, Kaharuddin Syah, Kusno Sudjarwadi, Zainal Abdi, Amran S Mouna, Basuki Zaelani.

Pembuat Skenario :

N Riantiarno

Pembuat Cerita :

Nico Pelamonia

Penata Artistik :

Boy Rivai

Penata Suara :

Ibnu Hassan

Penata Musik :

Billy J Budiardjo

Penata Foto :

George Kamarullah

Penyunting Film :

Rizal Asmar

Badan yang memiliki :

Sinematek Indonesia

↖ kembali